Wisata

Kartu Pos dari Irlandia Utara: ‘Craic Tetap Sama, Bahkan dari Kejauhan’

“Seorang warga Skotlandia sedang membawa orang Inggris naik gunung. Dan orang Inggris itu bertanya apakah dia bisa minum air dari sungai,” kata pemandu kami. Peter Rafferty, ketika kami berhenti di sebuah sungai di tengah jalan melalui jalan kaki ke gunung Mourne, Irlandia Utara. jarak. Teman bahasa Inggris saya sendiri baru saja mengajukan pertanyaan yang sama persis.

“Orang Skotlandia itu mengatakan, ‘jangan minum air, itu penuh dengan kotoran sapi’ dengan aksen tebal,” lanjut Rafferty. “Orang Inggris itu menjawab,” Tolong aku berbicara bahasa Inggris Ratu, berbicara bahasa Inggris! “Jadi orang Skotlandia itu menjawab,” Gunakan kedua tangan, kamu akan bisa minum lebih banyak “.”

Dampak Lockdown

Itu bisa jadi efek yang tersisa dari terkurung selama tiga bulan terakhir, tetapi kami berlipat ganda karena tawa. Awal jam 4 pagi mungkin juga memainkan peran. Beberapa jam sebelumnya saya terbang ke Belfast untuk membuka kembali pariwisata domestik di daerah tersebut.

Sebelum terkunci, industri holuday Irlandia Utara mengalami peningkatan. Setelah dengan kuat keluar dari radar turis karena sejarah kekerasan dengan sektarianisme. Kedatangan serial televisi Game of Thrones, keberhasilan Derry Girls Channel 4. Dan meningkatnya popularitas tempat-tempat wisata seperti Pantai Causeway berarti semuanya berjalan dengan baik di atas. Pada Juni 2019, dilaporkan bahwa Pariwisata di Irlandia Utara berada di jalur yang tepat. Untuk menjadi industri £ 1 miliar pada tahun 2020.

Kemudian pandemi melanda, menghentikan pariwisata di seluruh dunia. Irlandia Utara adalah salah satu bagian pertama dari Britania Raya yang memasuki penutupan tidak resmi. Sebelum dikunci penuh pada akhir Maret. “Ke mana Irlandia Utara pergi, sisa Inggris akan mengikuti”. Kata laporan Telegraph pada berita pada saat itu. Ini tetap menjadi kasus ketika Irlandia Utara menjadi bagian pertama dari Inggris. Yang dibuka kembali sepenuhnya untuk pariwisata domestik pada 3 Juli – Inggris mengikutinya pada 4 Juli.

Perjalanan terakhir saya sebelum kuncian adalah ke Irlandia Utara, untuk pemakaman seorang anggota keluarga. Kombinasi kesedihan dan kehilangan hak istimewa yang tiba-tiba saya anggap remeh. Bisa melihat keluarga dengan bebas dan mudah – berarti pada bulan Juli, saya sangat ingin kembali.

Jadi ketika saya ditawari kesempatan untuk menuju pembukaan kembali, saya melompat pada kesempatan itu. Ingin memastikan bahwa Irlandia Utara telah berhasil melewati penguncian dalam keadaan terkunci. Meskipun tidak dapat melihat keluarga pada kunjungan ini. Kehangatan yang mudah dari orang-orang yang kami temui bukannya memperbaiki keadaan.

Pelabuhan

Di Heathrow, mengenakan topeng bedah, aku merasa bersemangat dan penuh keraguan, tidak yakin apa yang akan terjadi. Pada saat saya mendarat di bandara George Best, hanya kegembiraan yang tersisa. Mengambil sewa mobil kami dari seorang wanita yang senyumnya bisa dirasakan bahkan melalui topengnya. Kami berangkat ke County Down, memberi hormat kepada Balls on the Falls, karya seni publik terbesar Belfast, saat kami pergi.

Pelabuhan panggilan pertama kami adalah Montalto Estate (montaltoestate.com) di Ballynahinch, properti milik pribadi dengan serangkaian jalur pejalan kaki. “Kami melakukan pembukaan kembali bertahap,” Tracy O’Toole, Manajer Pemasaran dan Pengembangan Bisnis, memberi tahu saya pada saat kedatangan. “Toko dan restoran tutup tetapi halamannya terbuka, seperti halnya satu set toilet”. Syukurlah, meskipun kafe itu tertutup untuk pelanggan yang duduk, masih menjual teh. Minuman panas dalam cangkir kertas tidak pernah terasa begitu lezat. Meskipun ada penutupan, antusiasme tetap tinggi, dengan senyum lebar dari gadis berpenutup mata yang mengeluarkan tiket. Dan dari kami saat kami berjalan di taman, sekarang diselimuti hujan yang baru turun.

Bahkan cuaca yang sedikit suram tidak dapat meredam semangat kami. Meskipun O’Toole mengakui melewatkan gelombang panas baru-baru ini terbukti membuat frustasi. “Kami saling mengirim sms saat penguncian mengatakan betapa sibuknya jika kami terbuka!” Masa depan tampak cerah. Montalto Estate telah diciutkan untuk Taman Rumah Bersejarah Tahun 2020. Satu-satunya entri dari Irlandia Utara, O’Toole dengan gembira memberi tahu saya.

Pantai

Di dekat pantai Strangford Lough, optimisme juga menggelegak di dapur Tracey’s Farmhouse. Penduduk lokal, Tracey Jeffery, menjalankan pengalaman mencicipi makanan dan membuat roti dari rumah pertanian Newtownards-nya yang indah. “Anda adalah orang pertama yang saya miliki sejak Maret,” katanya. Sementara teman seperjalanan saya – Peter yang lain – dan saya berusaha keras membuat soda farl, bahan pokok Ulster.

Semua pemesanan Jeffery dibatalkan setelah pandemi melanda, dan dia ingin bangkit dan berlari lagi, meskipun dengan fokus yang sedikit berbeda. “Turisme domestik, di situlah saya mencurahkan energi saya, karena saya menyadari sisi internasional hal-hal akan menjadi pembakar yang sangat lambat.”

Sebelum dibuka, Jeffery bekerja untuk memenuhi standar industri baru di seluruh Inggris, ‘Good To Go’. Ini melibatkan melewati penilaian risiko, dan menggunakan lebih dari gudang besar untuk memastikan pengunjung jarak sosial. Semua tamu memiliki handuk tangan, dan peralatan sendiri – “meskipun begitu, itulah yang kami lakukan!” – dan nomor grup telah dibatasi hingga delapan.

“Saya juga bertanya kepada para tamu apakah mereka tidak keberatan meninggalkan barang-barang berharga mereka di mobil. Sehingga ada lebih sedikit kemungkinan kontaminasi, dan saya jelas memiliki sanitiser di meja semua orang sekarang”.

Perubahan

Bahkan dengan perubahan ini, makan siang dengan Jeffrey sangat menyenangkan. “Jangan khawatir tentang bentuknya, kita sebut saja tukang,” dia tertawa, ketika dia menunjukkan cara membuat farl. Sebelum mengirim putranya pergi untuk memeriksa kita tidak memarkir mobil kita terlalu dekat dengan adonan. “Kami punya pasangan mengetuk pintu jam 3 pagi sekali. Mereka tidak menyadari bahwa lough adalah pasang surut dan mobil mereka telah tenggelam. ”

Menumpuk roti kami yang baru dipanggang dengan pilihan mentega dulse (rumput laut), keju Armagh, dan selai buatan tetangga Jeffery. Eileen, saat makan siang, kami berbicara tentang apa yang belum berhasil diubah oleh coronavirus. “Di sini, ini masih tentang pengalaman seperti halnya memasak,” kata Jeffery. “Makan dan makan sepuas hati dan dapatkan craic di meja. Saya hanya ingin orang tahu bahwa masih ada sambutan hangat di sini untuk mereka, terlepas dari segalanya. ”

Pejalan Kaki

Sentimen ini digaungkan oleh Peter Rafferty yang menjalankan wisata jalan kaki lokal di Mournes (walkthemournes.com). Ketika kami menangani salah satu tantangan yang lebih kecil di pegunungan: Wee Binnian. Pegunungan tertinggi dan paling dramatis di Irlandia Utara, puncaknya membuktikan cara ideal untuk menerbangkan bulan-bulan terakhir dari kemacetan yang stagnan.

Dengan menggunakan tongkat untuk membantu memanjat dan melambaikan tangan pada siapa pun yang datang terlalu dekat. Rafferty memikat kami dengan cerita dan informasi tentang flora dan fauna setempat. Peter saya sendiri adalah seorang arsitek lansekap dan penggila tanaman. Dan menemukan semangat yang sama untuk bergairah atas bunga matahari dan kupu-kupu. “Saya pikir kuncian telah memberi orang kesempatan untuk fokus,” kata Rafferty, ketika ditanya tentang pembukaan kembali. “Saya merasa positif tentang itu semua; County Down adalah permata tersembunyi, dan kami toh masih terbelakang, jadi bisa beradaptasi lebih mudah dengan perubahan ini. ”

Setibanya di hotel kami di kota tepi laut Newcastle, Slieve Donard Resort and Spa (hastingshotels.com). Kami merasakan ketegangan pertama saat berada di tanah Irlandia Utara. Kelelahan telah terjadi, dan proses check-in yang rumit adalah hal terakhir yang kami inginkan. Namun ini juga, secara mengejutkan berangin. Ditujukan melalui sistem satu arah, kami mendekati meja check-in satu per satu untuk mengisi formulir singkat. Kartu-kartu kunci didisinfeksi dengan cepat tetapi penuh semangat sebelum digeser di atas meja untuk kami ambil, seperti mafia yang mengantar.

Kalau tidak, normalitas akan memerintah. “Beberapa perubahan kita akan sangat jelas, tetapi banyak perubahan lain di belakang layar dan agak tidak terlihat,” kata Michael Weston. General manager dari properti megah Victoria. Salah satu perubahan yang tak terlihat adalah ruangan itu. Tempat tidur king dengan seprai putih bersih dan pemandangan pinggir laut tampak cukup normal bagi saya. Tetapi sudah dibersihkan dengan mesin Ozon baru.